Sunday, June 14, 2015

Berita bola : Visi Valencia Ciptakan Pemain Bintang, bukan Membeli

Berita bola : Visi Valencia Ciptakan Pemain Bintang, bukan Membeli

Silahkan mampir juga ke situs cara cepat hamil . Hatur nuhun anda sudah mengunjungi Visi Valencia Ciptakan Pemain Bintang, bukan Membeli
Jika melihat skuat Valencia di musim lalu, tak ada pemain top kelas dunia di sana. Klub Spanyol ini memang menganut misi menciptakan pemain bintang, dan bukannya membeli mereka yang sudah jadi.

Baru-baru ini, misalnya, Valencia mengumumkan perekrutan dua pemain yang baru berusia 21 tahun: Rodrigo Caio dan Andre Gomez. Caio --pemain timnas Brasil U-23-- dibeli (kabarnya) seharga 12,5 juta euro dari Sao Paulo. Adapun Gomez dikontrak permanen setelah musim lalu dipakai Los Che sebagai pemain pinjaman dari Benfica. Gelandang tengah asal Portugal itu, yang musim lalu tampil 24 kali di pertandingan liga, dikontrak sampai Juni 2010.

"VCF menjamin masa depan dari kemungkinan-kemungkinan yang tak terbatas." Demikian sebuah headline di situs resmi Valencia CF, dengan memajang foto enam pemainnya: Joao Cancelo, Paco Alcacer, Jose Gaya, Gomes, Shkodran Mustafi, Rodrigo de Paul, dan Rodrigo Moreno Machado.

Valecia memang mengedepankan pemain-pemain muda, baik yang direkrut dari kesebelasan lain maupun produk akademinya sendiri, sebagai "ruh" tim. Dari daftar 20 pemain mereka musim 2014/2015, hanya satu pemain yang umurnya kepala tiga, yaitu bek Javi Fuego (31 th). Tiga pemain berusia 29 tahun, delapan pemain berusia 24-28 tahun, dan delapan sisanya berumur di bawah 23 tahun.

Dan dengan skuat yang muda itu, tim asuhan pelatih Nuno Espirito Santo berhasil finis di peringkat keempat klasemen Liga Spanyol, dan mereka lolos ke Liga Champions musim depan. Di dua musim sebelumnya mereka terlempar dari zona Liga Champions karena hanya mendarat di posisi ke-8 (13/14) dan 5 (12/13).

"Visi kami adalah mengembangkan pemain-pemain muda, karena kami memiliki akademi yang merupakan salah satu yang terbaik di Eropa. Anda mungkin tidak menjumpai pemain-pemain top dunia di tim kami saat ini, tapi suatu hari nanti mereka akan jadi bintang dan direkrut oleh tim-tim raksasa," ujar Andy Yun, juru bicara Valencia CF dalam perbincangan dengan detiksport di Jakarta belum lama ini.

Mengoleksi enam titel La Liga, puncak kejayaan Valencia adalah di awal era 2000-an, ketika mereka menjuarai kompetisi domestik tahun 2002 dan 2004, plus menjadi runner-up Liga Champions dua musim berturut-turut (2000 & 2001). Seiring dengan itu, bermunculan pemain-pemain hebat dari Estadio Mestalla. Sebut saja Gaizka Mendieta, Santiago Canizares, David Albelda, Vicente Rodriguez, Antonio Carbone, Ruben Baraja, Roberto Ayala, Carlos Marchena, Claudio Lopez, Kily Gonzalez, sampai era Pablo Aimar, David Villa dan David Silva.



Mereka lalu diterpa krisis keuangan mulai tahun 2010, yang menyebabkan mereka harus melego sejumlah pemain bintangnya termasuk Silva, Villa, dan Juan Mata. Mereka kemudian membenahi manajemennya, termasuk melepas mayoritas sahamnya, sebanyak 70% kepada pengusaha asal Singapura, Peter Lim, pada musim panas 2014.

"Waktu itu isu kami adalah soal manajemen finansial. Besar pasak daripada tiang. Maka kemudian kami memutuskan untuk mengembangkan tim dari pemain-pemain muda, karena sekali lagi, akademi kami adalah salah satu yang terbaik di Eropa," tutur Andy Yun, yang juga "tangan kanan" Peter Lim.

Dikutip dari situs Wikipedia, sejak Mei 2009 Valencia resmi memiliki training centre, yang menjadi camp multidisiplin pertama untuk sebuah klub Spanyol. The Training Centre Foundation Valencia CF "The Academy" antara lain terdiri dari kelas-kelas pelatihan, kampus pendidikan, dan juga pelatihan olahraga secara online.

Valencia juga satu dari sedikit klub di Spanyol yang dikelola oleh sarjana bergelar MBA, master manajemen internasional di bidang organisasi olahraga, yang saat ini mengelola akademi dan juga Valencia Catholic University Saint Vincent Martyr.

Pada perayaan 90 tahun klub, akademi mereka juga membuka University of Valencia, yang merupakan kampus pertama yang menyelenggarakan mata kuliah sejarah sebuah klub sepakbola -- satu-satunya di Spanyol.




sumber berita Visi Valencia Ciptakan Pemain Bintang, bukan Membeli : detik.com

No comments:

Post a Comment