Wednesday, March 18, 2015

Berita bola : Pasang dan Surut Dortmund di Kompetisi Eropa

Berita bola : Pasang dan Surut Dortmund di Kompetisi Eropa

sumber berita Pasang dan Surut Dortmund di Kompetisi Eropa : detik.com
Dortmund - Perjalanan Borussia Dortmund di kompetisi Eropa dalam lima musim terakhir menunjukkan pasang dan surut. Dari tersendat di Liga Europa hingga melaju sampai final, Dortmund pernah mengalaminya.

Malah, dari perjalanan di kompetisi antarklub Eropa, terlihat seberapa pesat perkembangan Dortmund. Gaya main pressing cepat ketika kehilangan bola serta intensitas serangan tanpa henti adalah gaya main Dortmund di bawah arahan Juergen Klopp. Dortmund-nya Klopp adalah Dortmund yang menghentak-hentak.

Dengan gaya main tersebut, Dortmund merajai Bundesliga untuk dua musim berurutan, pada 2010/2011 dan 2011/2012. Sementara di Bundesliga menjadi raja, pada dua musim yang sama, Dortmund masih berjalan dengan meraba-raba di kompetisi antarklub Eropa.

Pada 2010/2011, Dortmund masih bermain di Liga Europa. Di kompetisi "level kedua" antarklub Eropa tersebut, Dortmund tidak melaju jauh. Mereka sudah tersingkir di fase grup, kalah bersaing dari Paris Saint-Germain dan Sevilla --yang menempati dua posisi teratas grup.

Semusim berikutnya, dengan kapasitas sebagai juara Bundesliga, Dortmund tampil di Liga Champions. Pencapaian mereka ketika itu juga tidak istimewa. Berada satu grup dengan Arsenal, Oympique Marseille, dan Olympiakos, Dortmund tidak sekali pun meraih kemenangan. Imbasnya, mereka gagal lolos lantaran jadi juru kunci grup.

Barulah pada musim berikutnya, pada 2012/2013, Dortmund menjadi bagian dari pada elit. Pencapaian mereka dari musim sebelumnya menanjak pesat: dari yang tidak lolos dari fase grup, kini lolos ke final. Namun, Dortmund gagal mengulangi prestasi mereka pada 1997. Di final, Klopp dan anak-anak buahnya harus menerima kekalahan dari Bayern Munich.

Setelah final itu, Dortmund selalu jadi langganan fase gugur Liga Champions. Musim kemarin, mereka melaju sampai ke semifinal, sebelum akhirnya dibuat angkat koper oleh Real Madrid. Dortmund kalah 0-3 lebih dulu di markas Madrid, namun menang 2-0 di kandang sendiri. Dortmund akhirnya tersingkir lantaran kalah agregat dari raksasa Spanyol tersebut.Next

Silahkan mampir ke tips supaya segera mengandung . Makasih anda sudah mengunjungi Pasang dan Surut Dortmund di Kompetisi Eropa

No comments:

Post a Comment