Friday, April 10, 2015

Berita bola : Penuh Kontroversi, Liga Dihentikan Sementara oleh PSSI

Berita bola : Penuh Kontroversi, Liga Dihentikan Sementara oleh PSSI

Silahkan mampir juga ke situs cara cepat hamil . Hatur nuhun anda sudah mengunjungi Penuh Kontroversi, Liga Dihentikan Sementara oleh PSSI
Jakarta - Kompetisi sepakbola tertinggi di Indonesia musim ini, yang baru bergulir dua match, diputuskan dihentikan sementara oleh PSSI, sampai mereka menggelar Kongres Luar Biasa.

Situs resmi PSSI hari Jumat (10/4/2015) ini mengumumkan bahwa kompetisi dihentikan terhitung sejak pertandingan tanggal 12 April hingga diputuskan nanti oleh Komite Eksekutif terpilih hasil Kongres 18 April di Surabaya.

Dikatakan anggota Komite Eksekutif PSSI yang membidangi kompetisi, Erwin Dwi Budiawan, keputusan penghentian sementara itu diambil PSSI agar mereka bisa menelaan lebih mendalam terkait rekomendasi Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI) yang telah disetujui oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

"Posisi sekarang, menjalankan kompetisi dengan 16 klub tidak mungkin. Menjalankan dengan 18 klub ada hambatan dari BOPI. Ini harus ditelaah jalan keluarnya," ujar Erwin.

"Telaah dan jalan keluar seperti apa akan menjadi tugas perdana Exco baru nanti. Mereka yang akan mengambil keputusan strategis itu," jelasnya.

Kabar ini sebenarnya sudah tersiar sejak kemarin, namun baru diumumkan secara resmi hari ini.

Sepakbola Indonesia kembali jadi polemik sejak Menpora Imam Nahrawi membentuk Tim Sembilan dengan tujuan membenahi tata kelola sepakbola. BOPI juga berubah menjadi lebih ketat dan melakukan verifikasi kepada klub-klub. [Simak fokus berita: Polemik ISL 2015]

Akibatnya, jadwal ISL 2015 diundur sampai dua bulan, sampai klub-klub dianggap memenuhi syarat administrasi sebagai klub profesional -- pun dengan kompetisinya.

Dua klub dinyatakan tidak lolos verifikasi karena kepemilikan ganda. Namun, kedua klub tersebut mengabaikan keputusan BOPI dan Menpora itu dengan tetap melangsungkan pertandingan.

Di lapangan, polisi ternyata tidak memberi izin pertandingan, tapi mereka tetap menjaga keamanan di seputar stadion karena memang harus demikian.

Merasa dihambat, PT Liga dan PSSI sampai menemui DPR dan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla. Namun, sejauh ini Menpora bergeming. Alasan utamanya adalah supaya pelaku-pelaku sepakbola di negeri ini mau menaati perundang-undangan di negaranya sendiri.

Kemenpora sendiri telah menyarakan agar kongres PSSI tidak dilakukan di bulan ini, karena pengurus saat ini masa kerjanya baru berakhir pada Juni mendatang.

Perubahan nama kompetisi pun sempat dipertanyakan, karena baru diumumkan sehari sebelum kick-off: dari Indonesia Super League (ISL) menjadi QNB League. Kemenpora menganggap PSSI melanggar statutanya sendiri, karena perubahan nama kompetisi dianggap harus melalui kongres.

Beberapa klub juga sempat mengakui mereka belum banyak tahu tentang perubahan titel kompetisi. [Baca: Klub Belum Dapat Sosialiasi Soal Perubahan Nama QNB League]

QNB (Qatar National Bank) adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dan keuangan yang bermarkas di Qatar. Berdiri sejak 1964, 50% saham QNB dimiliki oleh Qatar Investment Authority (milik pemerintah Qatar) sementara 50% sisanya dipunya sektor swasta. Berada di 26 negara di dunia, QNB menjadi salah satu bank terbesar di Timur Tengah dengan total aset senilai US$ 104,4 miliar.

QNB Group sudah hadir di Indonesia sejak 2011 lalu saat mereka membeli saham Bank Kesawan. Ketika proses integrasi Bank Kesawan ke dalam Grup QNB selesai pada 2014 lalu, nama bank tersebut resmi berubah menjadi Bank QNB Indonesia.

Dari Data Perdagangan Bursa, diketahui saat ini Qatar National Bank memiliki saham mayoritas di Bank QNB Indonesia yakni sebesar 82,59%. Sisanya dimiliki publik sebesar 9,81% dan Bosowa Capital sebesar 7,6%.
sumber berita Penuh Kontroversi, Liga Dihentikan Sementara oleh PSSI : detik.com

No comments:

Post a Comment