Monday, April 6, 2015

Berita bola : Mengenal QNB, Sponsor Baru Liga Indonesia

Berita bola : Mengenal QNB, Sponsor Baru Liga Indonesia

sumber berita Mengenal QNB, Sponsor Baru Liga Indonesia : detik.com
Jakarta - Hanya sehari sebelum kick-off Liga Indonesia 2015, PT Liga Indonesia melalui situs resminya mengumumkan berita besar. Indonesia Super League berubah nama menjadi QNB League seiring tercapainya kesepakatan dengan QNB Group.

"QNB adalah banking brand kelas internasional dengan track record yang sudah terbukti, dalam menunjukkan kepedulian mereka yang tinggi terhadap sepakbola. Bagi ISL untuk memiliki mereka sebagai sponsor 'Title Partner' merupakan sebuah kehormatan," demikian pernyataan Hari Widodo, Presiden Direktur BV Sports, di situs resmi Liga Indonesia saat mengumumkan kesepakatan sponsorship tersebut.

Sesuai namanya, QNB (Qatar National Bank) adalah perusahaan yang bergerak dibidang perbankan dan keuangan yang bermarkas di Qatar. Berdiri sejak 1964, 50% saham QNB dimiliki oleh Qatar Investment Authority (milik pemerintah Qatar) sementara 50% sisanya dipunya sektor swasta. Berada di 26 negara di dunia, QNB menjadi salah satu bank terbesar di Timur Tengah dengan total aset senilai US$ 104,4 miliar.

Di dunia olahraga, khususnya sepakbola, QNB menjadi sponsor Liga Qatar dan Piala Qatar. Dalam beberapa tahun terakhir mereka makin agresif melakukan investasi di Eropa, yang di antaranya mengakuisis Paris Saint Germain pada 2012 lalu.

Sementara di Asia, QNB tahun lalu menandatangani kerjasama dengan AFC untuk menjadi salah satu commercial partner.

QNB akhirnya datang ke sepakbola Indonesia dengan 'tiba-tiba' pada akhir pekan lalu, saat PT Liga Indonesia mengumumkan kerjasamanya untuk menjadi sponsor kompetisi untuk durasi tiga tahun ke depan.

PT Liga Indonesia mempublikasikan kesepakatan tersebut melalui situs resminya pada Jumat (3/4/2015) pekan lalu, sekitar 24 jam sebelum kick-off Liga Indonesia 2015. Tidak ada konferensi pers digelar PT Liga Indonesia untuk mengumumkan deal-nya itu.

"Itu baru saja, penandatanganan kesepakatan itu kami lakukan pada Kamis, dan membuat pengumuman bersama pada Jumat," ujar Sekretaris PT Liga Indonesia, Tigorshalom Boboy, pada The Jakarta Post.

Kemunculan QNB sebagai sponsor utama Liga Indonesia terkesan mendadak, terlebih kesepakatan tersebut juga mengubah nama resmi kompetisi dari yang sebelumnya ISL menjadi QNB League. [Pada 14 Februari 2015, PT Liga juga meluncurkan slogan dan logo baru ISL: 2015 ISLove -- Take it to the next level].



Bahkan situs Bank QNB Indonesia juga tidak memuat kesepakatan yang dicapai dengan PT Liga Indonesia. Saat dikonfirmasi, QNB menyebut kalau mereka memang belum membuat pengumuman resmi terkait deal-nya dengan PT Liga Indonesia.

"Sejauh ini memang baru joint release, itu dilakukan bersama BV Sport (pemegang hak komersial ISL - Red). Belum, belum ada pengumuman sendiri yang kita keluarkan," ungkap corporate communication Bank QNB Indonesia, Rizki Mahfudz, kepada detiksport, Selasa (7/4/2015).

QNB Group sudah hadir di Indonesia sejak 2011 lalu saat mereka membeli saham Bank Kesawan. Ketika proses integrasi Bank Kesawan ke dalam Grup QNB selesai pada 2014 lalu, nama bank tersebut resmi berubah menjadi Bank QNB Indonesia.

Dari Data Perdagangan Bursa, diketahui saat ini Qatar National Bank memiliki saham mayoritas di Bank QNB Indonesia yakni sebesar 82,59%. Sisanya dimiliki publik sebesar 9,81% dan Bosowa Capital sebesar 7,6%.

Khusus Bosowa, mereka sudah akrab dengan Liga Indonesia. Di musim ini perusahaan milik Keluarga Aksa itu menjadi sponsor PSM Makassar dan Persipura Jayapura.




Silahkan mampir ke situs cara biar cepat hamil . Hatur nuhun anda sudah mengunjungi Mengenal QNB, Sponsor Baru Liga Indonesia

No comments:

Post a Comment