Saturday, May 16, 2015

Berita bola : Aroma Calciopoli Tak Pernah Hilang di Derby d'Italia

Berita bola : Aroma Calciopoli Tak Pernah Hilang di Derby d'Italia

Silahkan mampir juga ke situs cara cepat hamil . Hatur nuhun anda sudah mengunjungi Aroma Calciopoli Tak Pernah Hilang di Derby d'Italia
Semula, laga derby d’Italia antara Juventus dan Inter Milan adalah masalah kebanggaan dan juga persaingan dalam mendominasi Serie A. Namun, dalam satu dekade ke belakang atmosfer pertarungan ini dipenuhi kebencian dan caci maki.

Tak terkecuali Sabtu (16/5) malam nanti. Meski Juventus telah memastikan gelar juara dan kemungkinan besar turun dengan pemain pelapis, pertandingan yang bertajuk derby akan selalu menyimpan amarah dan kebencian untuk siapa pun pemain yang diturunkan.

Apalagi kedua kubu pendukung akan ikut terlibat membakar tensi pertandingan, terutama terkait polemik kedua kubu ini di tahun 2006.

Dalam derby d’Italia, bau amis skandal Calciopoli memang akan selalu tersuguh sebagai pemantik kebencian yang kemudian tercermin melalui koreografi kedua kubu pendukung. Status Juventus yang pernah terdegradasi ke Serie B pun akan selalu menjadi bahan olok-olokan bagi pendukung Inter, seolah nama derby d’Italia tak lagi pantas untuk diucapkan karena Juventus pernah terdegradasi ke Serie B.

Namun Derby d’Italia bukan sekadar siapa yang pernah atau belum pernah terdegradasi. Rivalitas antar-keduanya telah tersimpan lama selama puluhan tahun.

Gianni Brera Pencetus Derby d’Italia

Dalam pepatah lama, keakraban melahirkan kebencian. Dalam kasus Inter dan Juventus, keakraban pula yang melahirkan Derby d'Italia. Kedua kesebelasan ini memang pernah begitu akrab saling kejar mengejar di klasemen Serie A. Lalu, dengan terbiasa menjadi rival di Liga Italia sejak era 60’an, kebencian pun mulai tumbuh.

Pada 1967, seorang jurnalis terkenal dari Gazzetta, Gianni Brera, kemudian melabeli pertemuan keduanya sebagai duel nasional. Istilah itu dimaksudkan untuk merayakan kontes dua tahunan antara kesebelasan yang paling sukses di Italia.

Derby ini dikenal membawa keganasan dari Milan dan Turin. Namun, derby ini pula yang menjadi contoh wajah buruk sepakbola Italia yang lintasan sejarahnya dipenuhi skandal.

Pemicu awal di era 60’an adalah ketika pendukung Juventus menginvasi lapangan di pertemuan kedua musim 1960/1961. Akibat ulah tersebut, Lega Calcio memberikan kemenangan pada Inter Milan. Namun, mereka menarik keputusan tersebut setelah Juventus melakukan banding ke FIGC dan memerintahkan kedua kesebelasan agar melaksanakan tanding ulang.
sumber berita Aroma Calciopoli Tak Pernah Hilang di Derby d'Italia : detik.com

No comments:

Post a Comment